eupskc

Apa yang menarik dari kontesting di mode bpsk31? Jawaban sebenarnya kalau boleh jujur kontes di segmen ini kurang begitu asyik/menarik dibanding dengan mode yang lain: RTTY misalnya.

Kenapa? Alasan yang pasti karena baudrate bpsk31 relatif lambat dibandingkan dengan mode yang lain. Dan karena relatif ‘lambat’ ini kecepatan mengetik secara manual masih bisa mengikuti pada saat transmitting text-nya. Dan mungkin karena inilah makanya bpsk31 sangat cocok untuk ragchew… nggak terlalu cepat namun masih bisa diikuti dengan ketikan keyboard.

Alasan yang lain barangkali adalah biasanya, walau sudah CQ CQ Contest, namun tetap saja ada yang menyelonong mengajak ragchew; kali mungkin karena mendapatkan station langka; terutama dari YB-land yang memang masih bisa dihitung berapa sih penggiat di segmen mode ini, ha ha……

Namun, dengan cuma kurang dari separoh periode [telat 12 jam bok], namun rasanya kekhawatiran di atas tak menjadi kenyataan. Aktifitas kontesting dapat berjalan dengan lancar dan tidak mendapatkan satu pun ‘silly’ station yang mengajak ragchew. Mungkin karena sudah half periode jadi mungkin sudah lebih tersosialisasi.

Tetep dengan MixW [demo version; tetep pula] lengkap dengan statistik built in bikinan SRAR; Scottish Russian Amateur Radio, ada juga ya orang Inggris yang ‘bercampur’ Russian…cuma nggak lebih dari separoh periode namun cukup menyenangkan:

QSOs    Points    DXCC    EU
20m     32     104     8     4
15m     7     41     2     0
Total     39     145     10     4

Score: 145*(10+4) = 2030

Sedikit berharap semoga bisa menjadi continental winner; karena nampaknya nggak ada yang dari YB-land dan Oceania yang aktif….