APRS; Automatic Positioning Report System merupakan salah teknologi tracking, penjejakan yang dikembangkan oleh amatir radio. Bob Bruninga, WB4APR adalah pengembangnya…. silakan googling untuk mendapatkan informasi yang lebih detail, selain itu Roger Barker, G4IDE (SK) adalah pula tokoh yang nggak boleh ditinggalkan di dalam pengembangan sistem APRS. Bob adalah penulis software UI-View32.

Nah, sebuah sistem APRS rasanya mutlak memerlukan sebuah GPS modul, kecuali kalau kita sudah tahu betul koordinat lintang dan bujur lokasi kita. Nah pula USB modem yang saya punyai Sierra Wireless Aircard 881U telah diupdate firmware-nya sehingga fungsi gps modulnya dapat diaktifkan. Nah pula, kenapa tidak dipergunakan untuk aktifitas APRS via TCP/IP plus sekalian modul GPS-nya…klop khan. Jadi impas benar dengan uang yang kita investaskan untuk beli modem ini.

Sebenarnya setelah crash tempo hari, masih males untuk install UI-View, namun demi refreshing jiwa yang lelah ini untuk disalurkan ke hobby maka tadi malam disempatkan re-install UI-View. Cukup repot bongkar-bongkar cd installer dan Alhamdulillah ketemu lengkap dengan license code dari UI-View… so semuanya lancar.

Instalasi UI-View cukup mudah. Yang agak berbau trial dan error adalah aktifasi GPS-nya… Rasanya di amatir radio trial dan error merupakan metode yang paling efisien, artinya dengan metode ini akan didapatkan materi pembelajaran yang lebih baik.

Sebelum mengaktifkan GPS ini pastikan betul bahwa setup UI-View sudah selesai dikerjakan. Banyak tutorial perihal setting up UI-View, bisa dilihat di web-nya Art, JA1OGS.

Oh, ternyata untuk mengaktifkan GPS modul di UI-View mutlak didefinisikan dulu COM port GPS; oke dah…. cek hardware di system information di windows. Cek dan setting COM Port NMEA dari GPS modul. Pastikan setting COM port-nya  dari port-1 sd port-8. UI-View hanya menyediakan 8 buah port. Pergunakan Port COM yang nggak terpakai.

Oke, kembali ke UI-View cek fungsi GPS Enable dan sesuaikan COM Port yang dipergunakan.

Sudah deh, terus lakukan koneksi ke APRS Server…. Voila. It’s working.

stationSaya pergunakan setting Motorcycle apabila UI-View mendeteksi GPS. Nah terbukti di station list YB2ECG disymbolkan sebagai Motorcycle; Bajaj Pulsar Merah kayaknya, he he he…..

Untuk lebih asyiknya, saya bawa notebook lengkap ke kompeni, dan dicoba diaktifkan lagi. Pengecekan dapat dilakukan via aprs.fi dan voila terlihat tuh YB2ECG di lokasi kompeni.

yb2ecg motorcycleCuma sayangnya kok posisi yang ditunjukkan rada meleset jauh ya…di gambar atas mestinya lokasi di komplek industri namun yang tertrack justru di lokasi lain….. ha ha. Ada kemungkinan karena GPS hanya mendapatkan 2 s.d 3 buah satelite, sehingga mungkin akurasi-nya sangat jauh…. namun yang penting hati sudah senang, dengan bermain-main UI-View ini…..

Update :

Ternyata benar dengan mendapatkan sinyal satelite yang lebih banyak 4 s/d 5 buah yang terkunci posisi YB2ECG bisa bergeser mendekati lokasi yang sebenarnya.

moved