iarcbar

Rasanya cukup menarik untuk didiskusikan…….. apakah ada batasan, boundaries, atau limitation terhadap komunikasi amatir radio yang kita lakukan terhadap satu negara yang tidak memiliki hubungan diplomatik dengan negara kita?

Awalnya adalah reminding di milis orari_contester perihal upcoming contest kemarin, dan salah satunya adalah Hollyland DX Contest yang diselenggarakan oleh IARC, Israel Amateur Radio Club. Cukup menarik memang Hollyland contest ini…… terlebih Mark Stern, kontes manager cukup simpatik pasca pengiriman log, berhubung Hollyland mendapatkan QRM dari kontes yang lain, dan memang betul, cukup merepotkan karena berbarengan dengan EU Sprint, TARA Skirmish dan kontes lokal Kartini Contest………🙂

Kembali ke topik…….. di KM49/2002 memang disebutkan seorang Amatir Radio [Indonesia] dilarang berkomunikasi dengan AR lain dari negara lain yang memusuhi dengan NKRI, dan apakah sekarang ini, current, ada negara yang masuk list negara yang memusuhi NKRI?

4Z, 4X [Israel], BV [Taiwan] adalah negara-negara yang belum memiliki hubungan diplomatik dengan YB… apakah negara yang belum memiliki hubungan diplomatik masuk ke kriteria daftar negara yang menurut KM49/2002 tidak boleh saling berkomunikasi dengan AR dari YB-land?

Rasanya juga agak janggal kalau ‘limitation’ tersebut berdasarkan hubungan diplomatik. Karena yang pernah didengar banyak tuh ziarah keagamaan ke 4Z, atau saya pribadi pernah ke BV-land di tahun 1999 dan rasanya sah-sah saja…. Bahkan pernah tuh Paul Gros, 4×4… agak lupa, malah menawarkan jasa QSLing pula……

Saya pikir, seperti Olympiade, mestinya pula nggak ada boundaries yang melarang segala bentuk pelarangan di dalam amateur radio ini………suku bangsa, ras, agama, latar belakang politik………etc. Bukan kah AR menganut One World Onw Language?

Silakan…….. [rasanya akan bikin menarik nih post ini]