Ada satu file pdf kiriman YB2BGZ, Pak Tim yang saya terima via email kantor. Cukup menarik bahkan mungkin sangat menarik. Sebenarnya file-nya mungkin sudah agak lama, edisi Juli 2008.

File pdf tersebut berjudul Ethics and Procedures for the Radio Amateur, yang dirilis oleh IARU region-1, ditulis oleh top dx-er ON4UN, John Devoldere [ada satu buku beliau yang terpasang di lemari: Low Band DX-ing], Mark Demeuleneere, ON4WW dan dilakukan proof reading & correction oleh Bob Whelan, G3PJT.

Cobalah googling dengan keyword di atas, atau kalau mau silakan japri ke saya, Insya Allah akan dikirimkan via email.

Inti-nya cukup sederhana. Etika dan Prosedur di dalam dunia amatir radio. Setebal 67 halaman, kok tebal ya, padahal khan dalam pdf-file? He he….. Salah satunya adalah kode etik amatir radio yang diadaptasi dari Paul M Segal, W9EEA, 1928 yang diadaptasi ke IARU. Dan rasanya kode etik ini, IMHO, adalah universal. Sedikit mengulum senyum pernah dengar ada ide dari OM’s dari YB-land yang mengusulkan kode etik amatir radio khas Indonesia, he he……… hanya karena kode etik itu mengadaptasi dari W-land? So what gitu loh…….

Operating prosedur selain melingkupi prosedur di HF juga disinggung SOP di VHF dan repeater. Juga pada berbagai mode dari Phone/SSB, CW maupun digital dalam hal ini RTTY dan bPSK. Sangat menarik. Pula disinggung masalah ‘tata kelola’ dx-cluster yang sebagian sudah saya posting sebelumnya.

Bagi saya pribadi, tulisan ini sangat bermanfaat, minimal mere-juvenate pengertian kita terhadap ‘operating procedure’ yang selama ini kita jalankan. Dan terkadang tersenyum simpul sendiri, wow, ternyata selama ini terkadang ‘berbuat salah’ pada operating procedure tersebut.

Thanks pak Tim, cuma sayang, masih bingung nih bagaimana cara ‘menyuntikkan’ di kalangan teman-teman. Ya mungkin masih sebatas ditribusi via email…… berminat? silakan………