Ajang kontes akbar itu akhirnya datang juga, seri kontes yang di-‘manajemeni’ majalah CQ merupakan seri kontes akbar, atau kalau bolehlah di-istilahkan kontes bintang V, tanpa mengecilkan even kontes yang lain.

Seperti yang diketahui seri kontes majalah CQ ada beberapa : CQ World Wide HF baik SSB, CW maupun RTTY, CQ WPX HF baik SSB, CW dan RTTY dan CQ VHF Contest. Saya belum tahu mengapa RTTY didedikasikan sebagai kontes khusus untuk mode digital, barangkali RTTY adalah mode digital klasik yang tak kenal lekang dimakan jaman seiring perkembangan mode digital yang lain ……… [I love RTTY !]

Esensi kontesting, IMHO, adalah getting the fun on the contest. Kalaulah mendapatkan gelar juara adalah merupakan bonus yang sangat menyenangkan. Kalau memang goal setting-nya adalah juara maka semuanya harus dipersiapkan dengan baik dan nyaris sempurna.

Kalau boleh melakukan self evaluation, kayaknya tujuan pertama yang memang perlu diraih; getting the fun only. Sebagai hobby yang ‘balanced’ terkadang godaan untuk ‘pausing’ atau parahlah mempergunakan ‘off-periode’ sangat tinggi; dimulai dari melayani anggota keluarga; paling nggak bisa lah menolak rengekan si kecil untuk sekedar jalan-jalan atau main bola di lapangan belakang rumah…….. kalau begini mau apa? Atau mungkin perlu menghadiri acara formal ORARI yang terkadang berbenturan/bersamaan dengan even akbar ini😦

Selain itu pula nampaknya dengan bertambahnya usia, he he…. berkurang pula induro, ketahanan fisik di depan radio dan monitor komputer. Beda sekali dulu saat masih semangat-semangatnya mengikuti kontes ini. Dan nampaknya getting fun lah yang mesti dikedepankan.

Catatan kali ini perihal CQ WPX SSB agak sedikit berbeda. Kali ini fokus pada single operator [siapa lagi yang mau ngajak multi operator], single band saja fokus di 20m dan masuk kategori ASSISTED [biar nggak dilaporkan YB3TD ke contest manager], karena mempergunakan fasilitas dx-spot/dx-cluster via telnet [sila baca post terdahulu], selain itu pula menyempatkan diri sharing live report via facebook, cuma nggak banyak yang kasih koment perihal live report ini, hi hi……

Akhirnya, saat bikin postingan ini, CQ WPX sebenarnya masih berlangsung, namun terpaksa harus clossing the log lebih awal, karena ada PR yang mesti dikerjakan untuk besok pagi. Kok ngeblok? ya terus saja…..

Hasil akhir yang bisa diperoleh sebagai berikut :

Band    QSOs    Pts  WPX
14     152     432  117
Total     152     432  117
Score: 50.544

Terima kasih kepada N1MM dan crew yang telah menyediakan software yang demikian nyaris ‘sempurna’ dan K4UGA yang menyediakan layanan DX-spider sehingga dengan fasilitas telnet di N1MM dapat melakukan sinkronisasi informasi DX-cluster secara realtime.

Dan nampaknya pula getting fun yang didapatkan adalah bukannya perolehan score namun keasyikan menggunalan layanan telnet. Dan rasanya berlaku pemeo : spotlah daku di dx-cluster maka kau akan mendapatkan balasan spot dari orang lain, dan rasanya berlaku benar. Beberapa kali melalukan spot saat S/P akhirnya mendapatkan pula spot saat melakukan CQ-ing…. dan rasanya terbalas pula.

Hal lucu yang kali ini terbaca di informasi spot adalah error-nya spotting dari salah satu station dari F-land, mungkin error di logger-nya kali, jadi setiap dia logged QSO langsung terpancar ke jendela dx-cluster, sehinggan dx-cluster seolah-oleh jadi online logs dia…………