Badan capek benar habis nunggang si Merah pulkam kemarin Sabtu, sendirian jadi langsung cabut pulang balik Semarang. Sebenarnya ada undangan dari OM Ipank, YB3TD dan OM Joko, YB1TJ perihal Russian DX Contest, namun rasanya awak nggak nyaman nih….

Apa enaknya ya?  Eh, rasanya kemarin habis rujuk sama XP SP2 belum disentuh tuh N1MM logger, walau sudah diinstall lengkap. Sambil akses facebook,  saya coba utak-atik tampilan N1MM logger; biasanya yang terpasang di screen sebatas BandMap, Log, Entry Log, Check, dan Info…..aha kebetulan online ya saya coba feature yang lain dari N1MM.

check1

Segera setelah online tampilan window Available segera berubah serta pula bandmap langsung memberikan  station-station  yang aktif di band tertentu sesuai pilihan band-nya.

kitt-telnet

Akses Telnet cukup mudah, tampilkan window telnet pada menu window; beberapa tawaran feature Telnet tersedia banyak, saya coba telnet ke punya K1TTT, secara kebetulan YB2ECG sudah terdaftar di dia. Cukup ketikkan callsign lalu tekan Enter…….. OOh……. segera muncul dx-cluster secara berurutan, dan kelebihan telnet ini adalah truely online, seketika muncul informasi dx-spot. Lakukan filtrasi pada band tertentu dengan menekan menu di bawah sehingga lebih fokus pada band yang dikehendaki.

Kembali ke menu available, dan bandmap, coba klik lah satu station pada menu window tersebut, maka secara otomatis window Entry Window akan berubah menampilkan callsign yang diklik tersebut lengkap dengan perubahan frekuensi dan mode yang dipergunakan.

Segera terpikir kembali proyek CAT N1MM logger ke Kenwood TS450S yang masih belum kelar-kelar. Rasanya akan sangat menyenangkan apabila aplikasi ini benar-benar dicoba pada event kontest, lengkap dengan CAT plus DV Keyer……tinggal apalagi, ha ha……..

Dan, rasanya nggak sia-sia benar investasi akses internet via flash.. terbayang betul rasanya apabila pula ikutan kontes internasional pada even field day. Tinggal colok modem USB, konek internet, jalanin N1MM logger, tinggal pencet-pencet macro, ………. ah, betapa hidup lebih hidup…….

Semoga tulisan ini bermanfaat.