muslokSebuah bangsa yang sudah maju tataran demokrasi tentunya akan terlihat dari ciri khas menyikapi proses demokrasi itu sendiri. Demokrasi, secara sederhana, seperti jaman sekolah dasar dulu; pemerintahan dari rakyat untuk rakyat. Artinya secara sederhana pula bahwa pemimpin dipilih dari kalangan itu sendiri dan merupakan amanah dari kalangan internal itu sendiri pula yang tidak boleh diganggu lagi oleh kepentingan-kepentingan golongan lainnya.

Sikap berdemokrasi pula menuntut jiwa besar; dari pemenang terpilih maupun pihak yang ‘sementara’ pada posisi di-‘kalah’-kan, karena sebenarnya tidak ada istilah menang dan kalah dalam berdemokrasi.

Namun, sekali amanat itu diberikan, baik bagaimanapun caranya [tentu saja dengan langkah-langkah demokratis] adalah menjadi amanat mutlak yang tidak boleh diganggugugat oleh pihak yang dianggap kalah.

Jauhkan syak wasangka dan berikan kesempatan untuk membuktikan diri kepada ‘pemenang’ untuk bekerja dan berpestasi dan janganlah kepentingan ego/kelompok dikedepankan; karena segala-nya akan membuktikan apakah kita lebih baik dari orang lain.

Dan, nampaknya kita masih harus belajar berdemokrasi, baik pada tataran dasar dan aplikasinya dalam kehidupan berorganisasi, termasuk berorganisasi di amatir radio ini……………