Pengin ngerasain digital mode yang lebih cepat dibanding RTTY? Nah, kalau jawabnya adalah YA, cobalah BPSK125. Sebuah variant lain dari mode bpsk. Selain bpsk31 yang biar lambat asal selamat, berkembang lagi dengan bpsk63 dengan baudRate yang dua kali lebih cepat. Kurang banter? Berkembang lagi dengan bpsk125 dengan baudrate:125.

Nah, EPC, sebagai club, European Phase shift Keying Club, club yang selalu meng-endorsed mode bpsk mengadakan kontes pertama tingkat dunia; EPC World Wide DX BPSK125, mungkin kali mau menyaingi CQ WW DX namun pada mode bpsk, dan nggak tanggung-tanggung mode yang dipilih adalah bpsk125, yang cukup menggetarkan jari jemari menggerakkan pointer mouse kliking macro.

Dibandingkan bpsk31 dan bpsk63, bpsk125 me-‘makan’ bandwith yang agak lebar, jadi kalau diamati di dalam waterfall akan kelihatan betul beda sinyal bpsk31 dengan bpsk125; problem klasik di mode bpsk adalah walau kita CQ-ing untuk kontest terkadang ada station yang nyelonong ngajak ragchew.

Cuma sayangnya kondisi propagasi kurang menguntungkan; 12.00Z pada malam minggu sepi dari aktifitas bpsk125, baru keesokan harinya sekitar 23.00Z nampak beberapa aktifitas kontesting di mode ini.

Dari 11 station yang berhasil kami bukukan [sorry Semarang, eh Mranggen hujan terus] sudah bisa memuaskan dahaga bermain dengan PSK yang halal……..🙂 Beberapa station JA’s, UA dan bahkan dapat beberapa W’ di 20m. Seperti biasanya 15 dan 10m is dead zone, kapan nih kesempatan itu muncul lagi.

Akhirnya, kalau pengin mendapatkan speed yang banter, more faster, more quicker on PSK cobalah psk125…..

Be there or be behind!