sierra-881u1Akhirnya nyampe juga di rumah, sebuah usb 3G modem; setelah memilang dan memilih akhirnya aku pilih USB modem dari Sierra Wireless/USBConnect 881U dengan kartu TelkomFlash dari corporate kompeni.

Sebelumnya berencana memilih Huawei E220 yang kayaknya cukup ramai di pasaran namun setelah melihat fitur yang ditawarkan [modem plus GPS]  dan dengan terpaut hampir 200 rb lebih murah akhirnya terpilihlah modem ini.

Setelah berhasil dengan 3G modemnya; namun tergantung pula dengan provider, yang IMHO agak mengecewakan, terkadang dapat HSDPA, 3G dan EDGE namun yang sering bikin kesal adalah masalah disconnected yang terlalu sering. Mungkin pula karena kondisi yang jauh dari BTS.

Yang paling bikin penasaran adalah fitur GPS-nya; masih dalam wish list adalah handheld GPS ha ha….. First attempt di dalam rumah akan cukup sulit, makanya perlu menggotong notebook ke luar rumah dan akhirnya voila dapat tuh satelit terkunci pada posisi di Plamongan Indah.

881u2Terlihat GPS dapat lock 5 bh satellite dan dapat memberikan posisi lintang dan bujur.  Belum tahu data tentang HEPE.

Setelah GPS dapat berfungsi akhirnya saya coba jalankan Garmin mobile dan akhirnya dapat juga link antara Garmin Mobile dengan GPS Sierra Wireless.

Screen shoot dari setting dan jumlah satelite yang terkunci dapat dilihat di bawah.

posisi-satelite

Dan terlihat pula posisi homebase YB2ECG yang digambarkan dengan icon sebuah mobil. Great dengan harga 1 juta rupiah [24 Desember 2008] cukup worthed lah menurut pribadi saya. Tidak cuma dapat 3G modem namun dapat pula bonus GPS!

home-of-yb2ecgYang menjadi tantangan sekarang adalah mencoba koneksi dengan UI-View dan jVTS. Untuk UI-View mungkin problem ada adalah manipulasi com port-nya; sehubungan UI-View hanya mengenal maksimal 8 buah port sedangkan NMEA output dari modem gps ini terletak di port-23 atau 24.

Ada saran atau alternatif solusi………silakan.