Saya yakin rekan-rekan amatir radio yang aktif, saat ini, pasti, berani bertaruh, mesti punya email account. Satu bahkan mungkin lebih dari dua: hotmail, yahoo, gmail atau bahkan email dari perusahaan tempat bekerja atau mungkin punya server dan domain email sendiri…..
Saya berani bertaruh pula, sebagai amatir radio mesti pernah mengetuk kode morse, mungkin pada saat ragchew, kegiatan net atau mungkin pada saat kontes atau mungkin pada saat ujian amatir kali ya…….
Nah, sekarang misalnya saat ragchew lawan QSO menanyakan alamat email Anda, bagaimana Anda mengetuk huruf atau lebih tepatnya karakter @?
Ya, @ bisa dibaca A keong, merupakan bagian ‘vital’ dari alamat email, ha ha…. baru terfikir khan.
Kebetulan, barusan iseng-iseng mbaca majalah QST edisi April 2004, ha ha…. edisi lama, namun setiap membaca majalah QST rasanya nggak ada tuh edisi baru atau lama; rasanya baru terus; kebetulan ada rekan YD2DOT yang berbaik hati memberikan beberapa eksemplar majalah QST. Nah pada kolom media hit, ada artikel yang menarik. Bahwa ITU telah merilis kode baru di dalam kode morse untuk A Keong ini, maksud saya simbol @. Kode morse dari ITU menurut saya juga cukup make sense: @ khan huruf A yang dikurungi oleh huruf C khan? Nah ITU merilis kode @ itu dengan kode AC : dit-dah-dah-dit-dah-dit; cukup logis.
Nah arsip tentang rilis kode baru ini bisa dilihat di rubrik All Things Considere di website National Public Radio, sila klik di http://www.npr.org
Nah, terkadang informasi sedemikian baru bisa didapatkan pada majalah-majalah edisi lama, saya sendiri bukan aktifis morse, baru ngeh sekarang.
Namun rasanya geli juga bercampur gembira, bahwa tetek bengek, terutama di hoby kita ini tetap dipikirkan, all things considered.
Kalau Anda memiliki majalah QST edisi lama jangan sia-siakan, selalu baca dan baca, jangan-jangan ada sesuatu yang kita lewatkan, atau …..ini dia kalau memang dirasakan majalah QST atau CQ atau apapun terlalu memenuhi ruangan ham shack atau lemari buku Anda, boleh dong dipikirkan dikirimkan ke saya, ha ha……
Eh, siapa tahu bisa lebih bermanfaat daripada ngendon di lemari buku dan nggak terpakai……………
Monggo lho.