fhclub-logoApa tanggapan Anda kalau tiba-tiba teman Anda menyapa : See you in the hell ya………….. Kurangasem pikir Anda tentunya. Emangnya saya termasuk, walaupun rada sedikit malu-malu, kaum ‘laknat’ alias temennya setan dan iblis serta para teman-temannya? Eit, enak saja, ha ha……

Tetapi untuk yang kali ini, dijamin deh, Anda tak akan marah bahkan akan tersenyum manis, sebab ajakan tersebut di atas dikirim via radio dan tertangkap di receiving screen atau lebih tepatnya di layar watefall, bahkan dicetak dua kali lagi, di dalam mode digital : Feld Hell.

Mode ini sebenarnya peninggalan teknologi perang dunia ke-dua, populer dipergunakan oleh tentara Jerman semasa perang, ya ndak tentu jauh, karena penemu mode ini adalah Dr. Rudolp Hell. Pengembangan lebih lanjut pemanfaatan mode ini adalah di kalangan wartawan media masa [saat itu].

Dan dengan perkembangan teknologi DSP SoundCard, amatir radio sekarang, dapat menikmati mode Feld Hell, dan biasa seperti menjadi tabiat amatir radio, selain dipergunakan untuk komunikasi biasa, ‘mamah-gombal’ alias ragchew, berkembang aktifitas klub, nets bahkan kontesting.

Nah, menjadi bagian dari membership feldhellclub, dengan FH#543, berkewajiban untuk ‘mensosialisasikan’ mode ini di kalangan amatir radio di Indonesia. Silakan kunjungi website feldhellclub di sini dan akan Anda temukan aktifitas sesungguhnya Feld Hell ini, syukur kalau Anda bersedia apply membership dan siap aktif di mode ini. Kalau dilihat dari logo-nya saja memang ada gambar setan/iblis-nya, ha ha….

Atau kalau perlu detail yang lebih lanjut silakan kunjungi website-nya Frank, N4SPP yang memuat begitu informatif dari riwayat/history, homebrew printer dan teknik interfacing dengan soundcard.

Jadi, janganlah segera tersinggung kalau melihat jargon di akhir QSO : See you in the Hell. Karena FeldHell inilah satu-satu mode yang mencetak QSO dua kali di waterfall….Friends printing friends.

Dan sesama ‘iblis’ dan ‘setan’ tidak dilarang kok kasih koment……..