ad1cTernyata banyak orang baik di dunia ham radio dan di internet, setelah Don AF4Z, menyediakan layanan friend.ini ada lagi orang baik yang layak ditonjolkan dan dikedepankan di blog ini, beliau adalah AD1C, Jim Reisert.

Apa yang layak dari dari Jim Reisert? ya, beliau secara konsisten hampir selama 15 tahun dari 1993 sampai hari ini masih setia menyediakan apa yang dia sebut dengan Contest Country Files.

Terus apa fungsi dan guna dari Contest Country File? Bagi yang sering mengikuti kontes, namun tak menutup bagi aktifis dx-ing, data-data country, prefix adalah berkembang sesuai dengan perkembangan waktu, ada barangkali entiti yang terhapus, entiti tambahan, perubahan prefix bahkan perubahan callsign.

Nah, perubahan inilah yang perlu ditampung dalam sebuah data base yang akan sangat berguna di dalam aktifitas kontesting dan dx-ing dan inilah yang secara konsisten disediakan oleh OM Jim. Kegunaan lain adalah untuk predictive callsign di logger elektronik semacam N1MM, cukup kita ketikkan suffix-nya akan muncul pula ‘guess’ call, sehingga pada kondisi QRM/QSB yang berat kita masih bisa menduga-duga callsign apa yang sebenarnya muncul.

Contest Country file ini terdiri atas 3 type :

  1. CTY.dat berguna untuk logger semacam CT, NA, N1MM, TR, WriteLog dan WinTest
  2. DX4WIN.cty untuk logger DX4WIN
  3. WPXLOC.dat digunakan untuk layanan packet cluster, semacam AR-Cluster, CC-Cluster dan DXSpider

Untuk updated contest country file silakan kunjungi website-nya. Dan atur penggunaannya sesuai dengan logger yang Anda pergunakan dan segera akan terasakan manfaatnya pada event kontes ataupun casual dx-ing.

Thanks fer OM Jim Reisert, AD1C, atas jerih dan payahnya… [he he.. semoga dia mbaca juga blog ini]