Melalui milist ORARI-News, OM Arman, YB0KLI mempublish satu lagi karyanya, yang IMHO merupakan sebuah breakthrough. Simplifikasi aplikasi APRS mempergunakan Java application pada cellular. jVTS. Sangat menarik.

Postingan ini tanpa pretensi apa-apa, sekedar spreading informasi di kalayak amatir radio dan apresiasi terhadap sebuah karya anak bangsa.

Untuk mengaplikasikan APRS [Thanks OM Bob Bruninga, WB4APR] di amatir radio diperlukan beberapa perangkat keras, transceiver, GPS, Tracker [OpenTracker, TinyTrack, dll] sebagai interfacing gps ke radio dan digipeater. Dengan jVTS [versi 1.0 November 2008] YB0KLI menawarkan alternatif yang lebih sederhana dan murah.

Sederhana karena untuk bekerja dengan jVTS diperlukan cellular phone yang mendukung JSR-82 MIDLet [saya sendiri belum paham ;)] data account, bluetooth GPS yang mendukung serial applikasi dan software kreasi OM Arman.

Murah, karena dibandingkan dengan APRS/CE yang base Windows Mobile tiap menit meng’habis’kan 50KByte data sedangkan protokol yang dikembangkan YB0KLI ini bisa 0.1 – 0.02 KB/menit yang tentu saja lebih murah.

Panduan dan petunjuk pelaksanaan aplikasi ini cukup jelas dimuat di site-nya OM Arman, silakan tengok di sini. Nampaknya aplikasi ini cukup menggoda, dengan Bluetooth GPS Holux-M1000, yang berkisar 650-ribuan rupiah, handphone dan volume base data account cukup menjanjikan fasilitas tracking.  jVTS bisa diletakkan di kendaraan, saku atau di tas anak, istri atau keluarga kita sehingga bisa ‘terjejak’ posisi mereka sehingga apabila pada kondisi darurat [jangan sampai terjadi] bisa kelihatan posisi terakhirnya.

Thanks OM Arman! Keep up the good work!