epc63

Dapat email dari UT7FP, Victor S Stelletski, sebagai contest adjudicator mengundang seluruh kontester dunia terutama digital contester dan terutama member EPC, European Phase Shift Keying Club untuk bergabung dan meramaikan EPC PSK63 QSO Party 2008 Minggu depan 15-16 November 2008.

Sebagai member EPC [EPC#080] adalah suatu kehormatan, tahun lalu pada event yang sama, ya karena nggak ada ‘teman’ bermain PSK di YB-land jadinya berpeluang jadi Country Winner, padahal PSK yang satu ini tidak melanggar norma kesusilaan lho, bahkan mungkin bisa termasuk halal dan toyib, he he….

Dengan baudrate 62,5 dibandingkan dengan mode psk31 [varian yang lain], psk63 menawarkan kecepatan yang lebih dibandingkan ‘saudara’-nya psk31 yang terkesan lelet dan biar lambat asal selamat dan IMHO cocok digunakan untuk kontesting. PSK31 memang lebih cocok untuk dipergunakan ragchew ‘mamah gombal’ di mode digital.

Beberapa software kontes semacam N1MM [via MMTTY/MMVARI], Digipan 2.0 dan MixW mampu dikerjakan untuk psk63. Untuk MixW dapat digunakan macro <BAUDRATE:62.5> dan siap digunakan pada mode psk63.

Panduan setting MixW untuk EPC QSO Party dapat dilihat di sini, dengan jelas dan dilengkapi screen shoot dan beberapa file domain, statistic dan epc data base juga disertakan.

EPC PSK63 QSO Party juga menawarkan fitur apa yang dinamakan Party Team Challenge, dimana setiap kontester bisa bergabung dalam satu team, walau berbeda entity, dan menantang team yang lain. Team yang kalah akan mendapatkan penalty dan penalty tersebut akan diberikan kepada team yang menang; score perolehan pada Team Challenge tidak akan mempengaruhi nilai individual anggota team. Sangat menarik.

Mau ber-‘pesta’ dan ‘mabuk-mabuk’-an dengan PSK yang asyik dan halal, silakan coba kontes ini.