Sering mengikuti kontes nasional di 80m band? Masih mempergunakan manual log alias tulis tangan? Kalau jawaban keseluruhannya YA, mungkin postingan ini berguna bagi Anda… para Kontester Nasional! He he….

Secara umum, masih belum banyak para kontester nasional yang mempergunakan elekronik logger semacam N1MM saat mengikuti kontes, hal ini terlihat saat kontes sering terjadi pertanyaan-pertanyaan yang agak ‘lucu’, stasiun ini sudah belum ya, jam berapa, pertukarannya berapa….pertanyaan yang mengurangi kesangkilan dan kemangkusan aktifitas kontesting dan terus terang bikin ‘geli’, oops, sorry!

Karena juklak kontes nasional beragam dan belum terstandar serta belum diakomodasi oleh N1MM, postingan ini lebih kearah penanganan log dan administrasi paska kontes dibantu dengan program spreadsheet semisal Excell.

Klik pada gambar untuk menampilkan lebih detail

Untuk memulai N1MM sebagai logger kontes nasional mulailah dengan new contest data base dan pilihlah type log-nya, bisa DX ataupun Serial tergantung pertukaran report-nya sesuai juklak. Untuk dx non serial isikan pertukaran pada comment sehingga saat diupload ke ADIFF field Name tidak akan terisi dengan data pertukaran/exchange.

Mulailah aktifitas kontesting dan temukan  fitur N1MM logger; pengecekan duplikasi dan pencatatan log akan lebih mudah, apalagi kalau dibantu dengan fungsi VOX pada radio sehingga tangan dapat dengan bebas mengetik di keyboard.

Selesai kontes kewajiban seorang kontester adalah melakukan administrasi log;memberikan nilai point dan multiplier dan menghitung score yang didapatkan sesuai dengan juklak kontes.

Untuk menghitung dan memformat logsheet sesuai juklak dapat dilakukan dengan spreadsheet Excell. Dari N1MM lakukan export logsheet ke format text file: klik file-Export-Export to File (generik), untuk export to file ada dua menu pilihan; order by time ataupun oder by band sesuaikan dengan permintaan dari panitia kontes.

Lakukan konversi dan terbentuk satu file dan letakkan pada folder yang bersesuaian. Buka dengan Excell dengan terlebih dulu file of type-nya all file. Karena berupa text file lakukan penyesuaian sebagai berikut :

  1. Pilihlah type data fixed width
  2. Atur jarak lebar antar field.
  3. Atur setting kolom dan format data
  4. Ketik finish dan lakukan pengolah data dan sesuaiakn dengan format yang dikehedaki dengan excell.
  5. Lakukan penghitungan point dan multiplier [inilah bagian yang menarik dari kontes nasional]
  6. Cetak dan kirim dan jangan lupa, biasanya, biaya kontes berupa lembaran materai/perangko.

Dengan bantuan logger, semacam N1MM, aktifitas kontesting akan semakin menarik. Mau mencoba…… ndak ada yang melarang lho!