Setelah beraktifitas DX-ing, kontesting ataupun sekedar ragchew, tentunya Anda akan mengirimkan sebuah QSL card sebagai tanda bahwa kita telah melakukan kontak, atau Anda ingin membalas kiriman QSL card dari rekan amatir lain?

Cara termudah adalah dengan menuliskan secara manual, ambil QSL card kosong, tuliskan data QSO sambil melihat logger dan kirimkan lewat kantor pos.

Yang menjadi masalah apabila data QSO Anda ratusan dan ribuan QSO? Betapa merepotkan…..

 

Ada sebenarnya banyak software yang menawarkan solusi printing, semisal LogPrint, DX4WIN, dan MixW yang semuanya mampu menghandle data logger/adiff.

MixW? Ya, selain ‘powerful’ di digital mode MixW juga dilengkapi dengan tool untuk mencetak QSL; bisa mencetak ke label atau langsung dicetak ke QSL card. Dengan software ini, yang terintegrasi dengan logger, pilihan mencetak dapat dikehendaki dengan sistem filtering, bisa data tunggal QSO ataupun multiple QSO.

Untuk mencetak QSL program utama MixW harus juga dijalankan terlebih dahulu baru diikuti dengan menjalankan QSLPrint.

Desain QSL/label

Dimulai dengan mendesain label/QSL/paper; cara termudah adalah dengan memodifikasi sample yang ada. Sesuaikan dengan kebutuhan data QSL yang akan dicetak di kartu atau label. Field-field yang dibutuhkan misal <MANAGER>, <CALL>, <DATE> mirip dengan field-field pada macro mixW. Setelah selesai dengan desain QSL simpan file desain tersebut.

 

Memasukkan data QSO ke QSL dan mencetak.

Memasukkan data QSL dapat dengan 2 cara; manual dan otomatis.

Cara manual :

Klik EditQSL DataNew QSL

Masukkan data QSO yang akan dicetak dan tekan OK.

 

Untuk mencetak gunakan menu Print dari toolbar File.

 

Cara otomatis :

Switch ke program utama MixW dan masuklah ke search in logfile dengan menekan icon ‘kacamata’.

 Cari data QSO yang akan dicetak ke QSL. Dengan menu option search in logfile dapat difungsikan fungsi filter dengan memberikan centak pada field yang bersesuaian; sebagai contoh kita hanya mencari data QSL dengan filter mode=RTTY dan Country=JA, selanjutnya klik display.

SelanjutnyaSorot seluruh data QSO yang tertampul dan selanjutnya tekan kombinasi CTRL+SHIFT+P; kombinasi akan memberikan data Print Queue ke QSLPrint dengan ditandai informasi window Print Queue created; 

 

 

 Dengan tampilnya window tersebut menunjukkan bahwa buffer data QSLPrint sudah terisi dengan data sesuai filter yang dikehendaki.

Untuk memastikan data queue klik Edit-QSL Data-Load from queue; akan ditampilkan satu dati dari multiple data QSO yang akan dicetak dengan setting filter pada search in logfile. Tampilan ini mirip dengan fitur print preview.

Lakukan setting page setup ukuran QSL card yang akan dipergunakan. Letakkan QSL/label ke tray printer dan untuk melaksanakan proses pencetakan tekan File-Print MixW2 queue atau ALT+Q.

Seluruh data QSL/Label akan tercetak ke printer.

Dibandingkan dengan program QSLprint yang lain, fitur pada MixW ini menawarkan fleksibilitas di dalam mencetak, dengan fitur filtering pengorganisasian QSL-ing akan lebih baik, bisa berdasarkan mode, country, continent, special event/kontes barangkali, band yang dipergunakan, tgl QSO, dan lain-lain.

Selamat mencoba………