Ah, sebentar lagi bulan November. Dan seperti biasanya di minggu awal bulan November, annually di kalangan digital kontester, terutama RTTY kontester adalah diselenggarakannya WAE RTTY Contest, Work All Europe Contest mode RTTY.

Salah satu hal menarik dari seri kontes WAE adalah fitur QTC. QTC secara sederhana adalah serangkaian/daftar, biasanya terdiri atas 10 data maksimum dan 1 data minimum,  informasi mengenai QSO yang terdiri atas waktu, ‘worked’ stasiun dan pertukaran/exchange (serial number). Berbeda dengan mode ssb/cw yang menghendaki pertukaran QTC hanya sah dengan stasiun dari EU, namun untuk RTTY pertukaran sah QTC hanya boleh dilakukan antar dua benua/continent yang berbeda dan ‘everybody works everybody’ QSO.

Salah satu software yang menurut saya ‘very ultimate’ adalah MixW, bahkan beberapa digital contester memberikan julukan sebagai ‘the Swiss Army Knife’ Digital mode, berkenaan dengan multimode dan kemudahan di dalam handling-nya, terutama di dalam menghandle QTC trafic.

Masih inget betul saat mengikuti WAE RTTY, setiap kali ada permintaan QTC? saya dengan sedikit tersipu selalu menjawab : SRI NO QTC! Ha ha…. padahal kalau kita dalami lebih lanjut perihal QTC adalah ‘mudah’ dan sangat menyenangkan. Dengan melakukan pertukaran QTC akan menambahkan point score pada WAE Contest.

Langkah-langkah QTC handle pada MixW :

  1. Sebelum memulai MixW pastikan dan hapus file QTCTX.log dan QTCRX.log pada folder directory program MixW Anda.
  2. Jalankan MixW dan setup contest WAE dengan memilih statistik WAE [download StatsWAE.dll di MixW.
  3. Pada screen layar akan muncul WAE Dialog yang akan berfungsi untuk mengelola kirim/terima QTC.
  4. Buatlah 2 macro; namakan saja SendQTC dengan <STATS:GENERATEQTC> untuk mengirimkan QTC dan repeatQTC dengan <STATS:REPEATQTC> untuk mengulang pengiriman QTC apabila dikehendaki.
  5. Untuk mengirimkan QTC pastikan bahwa buffer di WAE Dialog cukup tersedia QTC yang hendak dikirimkan, paling efektif adalah pengiriman dengan 10 buah QTC walaupun kita boleh saja mengirimkan satu buah QTC.
  6. Tanyakan stasiun lawan dengan QRV? Terus isikan callsign di WAE Dialog dan klik macro pada yang telah kita buat [SendQTC]. Serangkaian QTC otomatis akan terkirim via window kirim/ TX Window.
  7. Untuk menerima QTC, masukkan callsign lawan ke WAE Dialog dan klik kursor pada RX window. Segera akan terkirim dari lawan daftar QTC, segera highlight QTC tersebut dan lakukan klik kanan pada mouse dan pilih ‘ADD TO STATISTIC’. QTC akan terecord di dalam WAE Dialog.
  8. Untuk generate log lakukan converting log pada menu File, search logfile menu dan pilih WAE Contest dari drop-down menu dan klik Display. Pilih dan hightlight seluruh log dan klik ‘to Cabrillo’.
  9. MixW akan men-sarankan untuk generating log dalam format WAE, jawab dengan yes.
  10. Segera akan terbentuk beberapa file : WAERTTY.sum adalah summary sheet, WAERTTY.all adalah QSO dalam urutan kronologis, WAERTTYxxM.txt data QSO pada xx band dan QTCTX.log & QTCRX.log yang berisi data QTC kirim dan terima, semuanya dalam format TXT yang bisa diedit via Notepad.
  11. Beberapa tips yang mungkin berguna adalah pastikan bahwa pertukaran hanya sah antara dua stasiun yang berbeda kontinen, dan untuk menghindari pengulangan-pengulangan [ini yang terkadang bikin frustasi] pastikan kualitas komunikasi/signal cukup baik tanpa terganggu oleh QRM/QSB.

Oke, sedikit cerita tentang QTC sudah dijabarkan, tinggal kemauan Anda untuk mencoba. QRV for QTC? segera jawab dengan yakin QRV to Send, dan bukanya lagi SRI NO QTC!

Cobalah, dan akan Anda temukan kontesting di rtty semakin menarik dan Anda akan mendapatkan bonus tambahan point!

See you on the next WAE RTTY Contest!