AF4Z, Donnie L Winn, menawarkan suatu fitur yang menarik di dalam mode digital. Fitur yang akan mengejutkan memberikan nuansa yang lain saat kita berkomunikasi di mode digital baik mode bpsk, rtty, ataupun mode live digital QSO yang lain.

Pertama kali menemukan fitur ini karena rasanya penasaran tiap kali QSO bahkan dalam event kontes, lawan bicara mengirimkan isyarat pada macro : YB2ECG, GM SARDJANA ur 599 599 QSL?, saya yakin betul mungkin mereka mempergunakan akses QRZ.com via internet dan mungkin pula mempergunakan CD ROM data base QRZ. Lha kalau untuk amatir dhuafa ini, cukup mahal tuh beli QRZ CD ROM [kecuali kalau mau copy bajakan] dan membayar akses internet…..

Nah berangkat dari hal ini lah yang mungkin mendorong Don, AF4Z menawarkan data base pengguna mode digital di seluruh dunia. Don membangun sebuah situs AF4Z RTTY Friend File yang menawarkan update data operator penggiat rtty. Dinamakan Friend File karena memang berupa file friend.ini yang memuat data rtty-er, callsign dan nama akrab yang dikehendaki.

Kalau belum terdaftar lakukan pendaftaran dengan mengisikan CALL=NAME, semisal YB2ECG=Jon. Segera akan terupdate di data base [friend.ini].

Penggunaan juga cukup mudah dan mendukung beberapa logger [yang mendukung live digital QSO, semisal MixW, N1MM, WriteLog, RTTY by WF1B dan RCKRTTY.

Sebagai contoh untuk MixW [software favorite saya]:

  • Lakukan download friend.ini dan letakkan pada folder program MixW.
  • Macro untuk akses fitur friend.ini adalah <INIFILE:friend.ini, HI, ?C>, macro ini bisa dikombinasikan dengan macro yang lain, semisal <TX> <CALL> <GA> <INIFILE:friend.ini, HI, ?C>, UR RST IS <RSTS> <RSTS>, QSL DE <MYCALL> PSE K<RX>; macro ini akan menghasilkan sepanjang <CALL> ada pada data base file.ini akan ditampilkan nama-nya, <GA> akan menghasilkan ucapan selamat pagi/selamat siang sesuai dengan local time -nya si <CALL> lawan bicara.

Apa manfaat yang diambil dari fitur ini? Yang jelas kita nggak perlu biaya akses QRZ.com dan beli QRZ/Callbook CD ROM, dan yang kedua komunikasi akan memberikan ‘rasa’ yang berbeda, seolah-olah komunikasi terjadi antara dua teman/friend yang akrab walau berbeda suku, bangsa, agama dan tempat. Manfaat lain?, semisal pada kontes, bisa juga sekalian dipergunakan untuk checking [minimal yang sudah terdaftar] apabila kita nggak yakin dengan CALLsign lawan berhubung kondisi QRM/QSB.

Untuk Do, AF4Z, terima kasih telah memberikan ‘warna’ yang lain pada komunikasi di layar komputer. Komunikasi tidak lagi ‘kering’ dan ‘kaku’ namun terasa hangat dan akrab.

Namun masih penasaran, namun belum tahu caranya ngoprek, bisakah kita tambahkan sapaan hangat sesuai dengan kebangsaannya? Maksud saya misalnya ketemu JA’s makan di belakang namaya otomatis akan diberikan akhiran -SAN, atau kalau ketemu dengan YB’s ditambahkan awalan MAS atau PAKDE di depan namanya…….. Ada ide?