Kalau boleh tanya; adakah satu mata kuliah khusus atau mata pelajaran khusus tentang amatir radio dengan segala pernak-perniknya? Kayaknya belum ada, terutama di YB-land. Nggak ngerti kalau di belahan bumi yang lain, atau barangkali di dunia maya justru ada semacam ‘contesting academy’?

Kalau boleh tanya lagi; apakah hobby yang satu ini, yang selalu memenuhi rongga benak kepala Anda ini, diteruskan oleh anak keturunan Anda? Saya kok pesimis, dua anak saya memang seneng utak-atik gadget, namun belum sepenuhnya tertarik dengan transceiver….

Dari beberapa postingan di milist orari-news perihal JOTA juga bikin perih, kok sampai begini ya….. Kepanduan, atau Pramuka sebenarnya merupakan bibit-bibit potensial di dalam pengembangan amatir radio ini….

Pertanyaan berikutnya adalah; apakah ada sesion khusus dari tingkatan Penegak, Penggalang untuk ‘menularkan’ pengalaman ke tingkat ‘di bawah’-nya? Kayaknya juga belum atau nggak banyak yang mau demikian. Bisa macam-macam alasannya :

  • Tingkat Penegak secara ‘de facto’ nggak memiliki kompetensi [baca:kapabilitas] kemampuan untuk itu.
  • Tingkat Penggalang/Siaga/Pemula nggak kepingin tahu lebih lanjut tentang amatir.
  • Tingkat Penegak nggak mau sharing pengalaman itu, karena berbagai alasan, yang barangkali takut dicap sok tahu, ‘kemlinthi’ dalam bahasa Jawa.
  • Nggak ada media yang tepat untuk melakukan sharing; lihat saja ham fest…. lihat dominasi susunan acara-nya.
  • atau alasan yang lain……..

Terus terang sebenarnya agak rikuh juga; melihat atribut-atribut yang dikenakan rekan-rekan amatir saat ketemu di ham fest atau eyeball atau bahkan muslok. Ada berbagai pin dan badge yang gagah menghias di baju uniform, dan iseng-iseng saya tanyakan apa itu badge/pin yang terpasang. Ada IOTA, NCDXF, ISS, IARU, ARES…..99.99% kagak ngerti karepe…….. ha ha….. capek deh.

Ya, Elmering di amatir radio Indonesia, YB-land, kayakanya sudah menjadi sesuatu yang langka, sepanjang yang saya tahu, please CMIIW.

Sudah sangat jarang pembicaraan di frekuensi, baik di 2m, 80m ataupun 40m yang membahas tentang pernak-pernik amatir radio. Sangat sulit ‘menggiring’ topik pembicaraan ke arah yang lebih ‘bermutu’ dari sekedar rag-chew! Sangat jarang ditemukan amatir radio ‘senior’ yang mau berbagi pengagalaman hidup sebagai amatir radio.

Ada saran…………? Atau saya yang terlalu pesimis dan banyak berharap dan menuntut?