Acara mudik tahun ini agak berbeda dibandingkan acara tahun sebelumnya. Yang jelas perjalanan lebih santai dengan didampingi Alinco DR635 double band dengan antenna BRC di roof mobil sehingga nampak gagah tuh penampilan Honda SM4 tahun 1993, dengan antena larsen di bagasi kanan dan BRC di roof top. Ngobrol dari Semarang hingga Salatiga bisa akses repeater UHF dengan mudah dan menyenangkan. Pantauan arus mudik juga lebih enak dengan teman-teman Semarang, Ungaran, Salatiga hingga Klaten, yang akhirnya perjalanan malam Semarang-Klaten dapat nyaman terselesaikan.

Mudik ini pula berbeda karena tahun ini, seperti kebiasaan semula, Iedul Fitrie hari pertama dirayakan kumpul bersama di Cawas dengan pakde dan budhe, dan simbah-nya anak-anak lengkap dengan menu standar opor ayam. Nyam-nyam.

Lebaran hari kedua baru giliran pertemuan trah keluarga Planggu, Trucuk dan disusul nanti hari ke-empat ngumpul di trah keluarga Mawung yang kali ini mesti tour de jawa tengah ke keluarga di Bukateja, Purbalingga.

Selama operating portable di Klaten, banyak nice QSO dapat dilakukan, terutama dengan teman-teman lokal Klaten biasa di lokal 145.200MHz ataupun repeater 146.720 dup(-). Banyak teman-teman baru yang bisa ketemuan bersilaturahmi via frekuensi di samping link gateway e-QSO di 145.760 via gateway YD2WAT di Klaten.

Jum’at, bakda sholat Jum’at kami berombongan berangkat ke Purbalingga dengan tiga mobil. Komunikasi via radio jelas terus menemani selama perjalanan, terima kasih yang besar kami ucapkan kepada teman-teman yang setia menemani perjalanan terutama rekan-rekan lokal Kebumen semisal YC1CYU, dan beberapa rekan yang mendampingi di repeater 146.660Mhz dan 146.700Mhz bersama YC2ZZA dengan operator YB2MPF!

Sabtu pagi sehabis bermain air di Owabong sempet ngobrol juga dengan YB3TD yang lagi mudik pula di Purwokerto, YB2JNZ portable di Tegal serasa hangat dan mesra, wuih…..

Sabtu siang perjalanan pulang dari Purbalingga ke Klaten via Banjarnegara, Wonosobo, Mungkid dan Jogjakarta. Saat log on di 146.860MHz sedang ngobrol dengan rekan Jogja tiba-tiba ada panggilan, eh ternyata old man yang sedang dicari-cari karena termasuk stasiun langka: YB2EMK, OM Arnold yang sedang mobile juga ke Majenang untuk urusan kantor. Thanks OM, CQ WW kurang garam tanpa kehadiranmu, ha ha……

Minggu siang, saat istirahat melepas ngantuk di mobil iseng-iseng log ke 146.720Mhz dan ketemu pak Agung Murdanoto, YC1MPA mobile di Wates menuju Jakarta. Thank pak Agung atas panggilannya. Panggilan yang lebih mengagetkan adalah dari YC1LZ mobile di Cawas, wah, mesti eyeball nih. Segera kita bikin janji untuk ketemu di meeting point. Setelah kejar-kejaran akhirnya ketemuan pula dengan OM Gunarso di daerah Wedi….. he he… sayang nggak punya GPS jadinya ya kayak begini.

Berjabat tangan dengan OM Gunarso dengan seluruh keluarga, saling ambil foto terasa pertemuan ini akrab dan bersahabat. That’s Amateur Radio spirit.

Thanks OM Gun atas kerelaan hati untuk rehat sebentar di pinggir jalan sehingga eyeball walau sekejap dapat terlaksana dengan baik.