Ada apa dengan tanggal 23 Agustus 2008? Apakah secara perhitungan jawa atau fengshui memang termasuk dalam hitungan hari baik? Nampaknya demikian. Barusan mendapatkan email dari OM Kardi, YB1TC, beliau memforward-kan juklak Bantul Sprint Contest. Ya kebiasaan di kalangan kontester, kalau boleh kita menyebut diri, saling menginformasikan agenda, jadwal, contest rule/juklak.

Mendapatkan sebuah juklak tentunya sangat menyenangkan, artinya bahwa akan ada aktifitas kontes di band amatir, pengertian lebih lanjut tersirat bahwa amatir radio Indonesia masih ‘bersemangat’ untuk menyelenggarakan salah satu core aktifitas amatir radio : kontesting.

Mencermati juklak tersebut ‘agak’ terhenyak : waktu pelaksanaan tgl 23 Agustus 2008 pukul 20.00-01.00 WIB. Olala …… kayaknya masih inget di postingan blog ini ada agenda lain pada hari itu 2nd Lawang Sewu Sprint Contest 2008.

IMHO, sebenarnya no problem aktifitas kontesting dilakukan bersamaan. Bukankah kontesting is fun, apalagi kalau bareng-barenganđŸ™‚ Banyak even kontes international yang terkadang dilakukan bersamaan, overlap dalam waktu bahkan pada mode yang sama. Seperti contoh kemarin DMC RTTY Contest dengan NA QSO RTTY Contest. EU Sprint dengan Hollyland Contest (CMIIW) pada mode phone.

Cuma masalahnya kontes-kontes tersebut pada all band, nggak terbayangkan apabila kontes yang berbarengan tersebut kontes lokal dan pada segment band yang sama, wuih, bakalan asyik tuh. Full of noise, QRM, big pile-up (I hope so).

Beruntungnya pertukaran report berbeda, nggak terbayangkan pula kalau pertukarannya sama.

IMHO pula bahwa the show must go on : perlu operating contest yang jelas dan tegas. Silakan para kontester join pada kedua-duanya, namun yang paling pasti pastikan bahwa open cq-ing jelas, s/p pula jelas kontes mana yang akan dimasukkan dalam log!

Cuma sebenanya rasanya kok ’eman-eman’ kalau even ini bersamaan. Secara pribadi sebenarnya lebih suka 1×2 dibandingkan dengan 2×1 [according this happen on local/national]. Saya percaya bahwa penyelenggaraan kontes di even nasional merupakan refleksi amatir radio yang kepingin tetep menyalakan core aktifitas amatir radio.

Mungkin ke depan, akan lebih baik apabila otoritas tertinggi {baca : ORPUS} lebih bisa memfasilitasi dalam bentuk agenda nasional kontesting.

Sisi baik kontes yang berbarengan ini adalah test case terhadap pelaku amatir [contesters] terhadap pemakaian frekuensi. Pemakaian frekuensi adalah bersifat SHARE! Akan kita lihat dan teruji kontester yang termasuk LID ataupun mana yang GOOD operator; semuanya akan kembali ke kita!

So, tandai kalender kontes Anda pada tanggal 23 Agustus 2008. Pilih satu atau dua-duanya silakan dan have a nice contesting!

Contesting memang ‘sangat’ enak, apalagi kalau dilakukan BERBARENGAN!

Sumonggo!