Sebenarnya posting ini cukup terlambat, namun ‘better late than never’ kata orang dan tanpa screen shot lagi. Rekan-rekan lokal Semarang pada tanggal 15 Juni 2008 mengundang seluruh amatir radio untuk berkumpul di Perumahan Bukit Sambiroto untuk sekedar berkumpul dan berlatih fox hunting, ehm………. undangan yang menarik. Selain latihan fox hunting ada beberapa acara tambahan.

Malam sebelumnya sudah dilakukan dengan sukses special call (??) dengan mengusung YB2ZDS (club station lokal Semarang) dalam rangka ulang tahun ORARI di bulan Juli nanti dan memperkenalkan club station; very nice!

Pagi harinya, sebenarnya saya harus ke Jogja siang harinya, namun saya sempetkan untuk menghadiri undangan tersebut. WOW, ternyata agak terlambat karena pak Tim, YB2BGZ, ketua ORDA Jateng telah hadir. Sembari ngobrol kita tunggu acara dimulai.

Oke, acara dimulai dengan beberapa sambutan dan diikuti dengan demo aeromodelling (kebetulan ada tempat latihan di bukit Sambiroto untuk kegiatan aeromodel) sambil membawa bendera ORARI. Very nice!
Sesi berikutnya adalah demo ‘tembak tepat’ fox hunting dan kelihatan beberapa rekan tertarik untuk mencoba. Nice shoot Old Man!

Sesi yang berikutnya adalah solo organ oleh YC2BBK and the crew, mulai dah! Mini Ham Fest-nya kehilangan makna (IMHO). Boleh lah kalau memang this is the very very first shot! Namun kalao boleh lah komentar semestinya porsi ham lebih dikedepankan. Ada harapan pertemuan berikutnya adalah lebih tertata rapi rundown acara dan isi materi pertemuan.

Terkadang dan sering beberapa kegiatan ham fest selalu bertepatan dengan even kontes yang skala-nya adalah major contest! Atau mungkin ada semacam kotak tegas yang memisahkan antara kegiatan ham fest dengan kegiatan contesting, sebagai contoh!

Sebenarnya kalau diarrange lebih lanjut kegiatan ham atau pertemuan bisa disinergikan dengan kegiatan kontes yang nota bene merupakan bentuk paling nyata dan paling mudah untuk sosialisasi kegiatan amatir radio.

Ya tentu saja sebagai seseorang yang menganggap dirinya amatir bisa dapat dua-duanya; ya sosialisasi dengan amatir radio dalam bentuk eye ball dan tetap bisa mengikuti kegiatan kontes! Memang pilihan yang sulit!

Masih seger ingatan saat Ham Fest Jogja bertepatan dengan CQ WPX RTTY, dan jikalau tidak ada materi seminar JA1IOGS, mungkin lebih baik ikutan CQ WPX, he he …….

That’s it, hidup memang banyak pilihan! It’s up to you!

Tulisan ini tidak bermaksud minor, tulisan ini cuma berharap, alangkah indahnya apabila kegiatan ham fest, eye ball dan pertemuan yang lainnya disinergikan dengan betul dengan even-even yang justru merupakan core-nya amatir radio.

Semoga!