Kali ini kontes nasional yang agak berbeda. Sesuai dengan juklak kontes yang diterima via YB1TC dan direct email dari OM Hakim, YB0AN, pengiriman logsheet via email, cukup dilampiri dengan scan IAR atau KTA. Wow menarik. Kontes nasional yang murah meriah. Biasanya untuk menyokong ‘biaya operasional’ sebuah kontes peserta diminta untuk menyertakan beberapa lembar perangko/materai @beberapa ribu rupiah. Perangko/matereai ini biasanya oleh panitia kontes dipergunakan untuk biaya/dana kontes: aplikasinya adalah untuk pengiriman sertifikat/hasil kontes atau bahkan untuk pengiriman juklak kontes periode tahun berikutnya.

Pengalaman beberapa tahun yang lampau, ada satu daerah/lokal yang ‘berani ‘ sedemikian; tidak mempersyaratkan pengiriman perangko/materai, namun sayang sampai sekarang hasil kontes apalagi sertifikat belum pernah sekalipun diterbitkan apalagi dikirimkan ke peserta kontes.

Lokal Kramatjati, DKI Jakarta perlu diacungi jempol untuk aplikasi kontes ini. Namun untuk pengiriman log via email memang cukup beresiko, dalam artian tanpa meng-underestimate-kan rekan-rekan amatir radio di Indonesia: (pertama) berapa persen dari rekan-rekan kontester yang memiliki email account, saya agak ragu dengan prosentase ini, (kedua) berapa persen rekan kontester yang mempergunakan elektronik logger di dalam aktifitas kontes-nya, kayaknya, perasaan relatif masih kecil, atau taruhlah mungkin pencatatan log masih manual kemudian dilanjutkan dengan entry mempergunakan spreasheet.

Ya, itu saja sekedar catatan dari juklak kontes.

Sabtu ini, agenda kontes cukup padat. Ada beberapa kontes yang waktunya berbarengan. Siang ini saya sempatkan ikutan di DigiFest, untuk 8 jam pertama, jam 11.00-16.00 namun tak banyak aktifasi yang kelihatan di layar screen. Hanya beberapa QSO yang mampu didapatkan dalam slot 8 jam pertama : bpsk63 dan rtty, mencoba feldhell tak ada yang meresponse.

Sebenarnya pula, Sabtu malam ini ada rapat rutin RT (he he…maklum sekretaris RT) namun dengan sedikit akal bulus, bisa ijin pamit ke pak Ketua RT dan akhirnya bisa CQ-ing di 80m band.

Kondisi propagasi agak kurang menguntungkan. Contest rate dari N1MM logger pada awalnya cukup tinggi namun sampai pukul 15.00Z kayaknya sudah mulai drop. Dari pengamatan alokasi frekuensi tanpaknya juga kurang ramai peserta, sampai jam 15.00Z cuma membukukan 60 QSO, tak banyak. Oke deh closing down dulu eh siapa tahu nanti pagi agak ramai lagi.

22.00Z nyalain lagi transceiver dan CQ-ing namun tak banyak. Akhirnya ragchew sebentar dengan YC0LJH dari lokal KramatJati sebentar kemudian QSY lagi untuk CQ-ing dan S/P. Dan tampaknya ada tambahan 9 station lagi di Minggu pagi.

Secara umum, berdasar dari checklist, seluruh call area muncul merata di kontes Kramat Jati ini. Lumayan dapat menambah perolehan multiplier.

Administrasi log selesai dan tinggal scan IAR/KTA selebihnya tinggal kirim ke administrasi.

Sekali lagi selamat untuk Panitia Kramat Jati Contest 80m. Saya percaya lokal KramatJati telah memberikan warna yang lain pada kegiatan kontes nasional; tahun depan layak untuk dikedepankan lagi, barangkali dengan menstandarisasi logsheet; apakah dalam bentuk cabrillo file, etung-etung untuk mensosialisasikan pula format log kontes internasional ke ranah kontes nasional. Semoga.