Kontes nasional yang menarik. 12 Jam dari 12.00Z-24.00Z. Pertukarannya adalah 6 digit grid locator.

Sebenarnya Sabtu malam ini berbarengan pula dengan SP DX RTTY dan Helvetia Contest, namun rasanya kok pengin nyobain lagi Depok Contest 80m Band. Kondisi band kanyaknya kurang menguntungkan. Noise floor sangat tinggi dan mulai pukul 14.00Z sudah terasa skip, bahkan mungkin kurang begitu ramai dengan aktifitas kontester. Saya sudahi malam itu dengan 99 QSO’s. Mungkin besok pagi ada kesempatan dapat tambahan. Bangun pagi, walau agak terlambat, menggunakan menit-menit terakhir dapat tambahan beberapa QSO sehingga pada tutup log terkumpul 105 QSO’s: all call area, selain call area-6 dapat dikerjakan.

Sekali lagi kontes ini menarik, karena terasa mirip sekali dengan kontesnya Waldemar, Makrothen RTTY contest, dimana contest exchange-nya adalah grid locator dan point perolehan diperoleh dari perhitungan jarak antar locator. Beruntung  komunikasi via email dengan OM Henry Kuswanto, YD1KTO, berhasil didapatkan file format excel untuk log sheet perhitungan point-nya. Cuma tidak bisa membayangkan betapa kerasnya kerja panitia menghitung perolehan point dari peserta kontes, apalagi saya yakin masih mempergunakan log manual. Capek deh melakukan cross check log, entry grid locator, perhitungan jarak dan kompilasi hasil akhir.

Dengan N1MM Logger, terbukti sekali lagi, tangguh di dalam menghandle kontes (cuma sayangnya CAT-nya belum kelar dibuat). Export ke text file dan dengan mudah dikonversikan ke excel sesuai dengan permintaan panitia.

Grid locator sendiri sangat menarik, dan dengan Depok Contest ini, mirip pula dengan Kalimantan Barat Contest (minus perhitungan point) menuntut seorang amatir tahu lokasi stasiun radio pancarnya. Informasi posisi tentu saja bisa didapat dari bantuan GPS ataupun dari Google Earth, baru dikonversikan ke format Grid Locator.

Sekali lagi, selamat buat ORARI Lokal Depok yang telah berkenan mengorganisir kontes yang sedemikian menarik. Club station, YC1ZAN juga muncul dan beberapa station dari Depok, OI33xx, juga aktif melakukan CQ-ing.

00.00Z selesai dengan 105 QSO’s, semoga, agak sedikit berkhayal, my call will be on the winner list, he he….. dan switch antenna pindah ke TH3MK-IV, beaming ke utara, pasang kabel interface soundcard, closing down N1MM dan switch ke MixW, dan voila ……….. segera CQ SP DX TEST DE YB2ECG CQ, di 20m, walau sudah terlambat 12 Jam, ha ha…….

Contesting memang menyenangkan!