Apa yang sekiranya membuat sebuah kontes nasional menarik?  Ya, menarik dalam artian bahwa seorang kontester akan tergerak untuk aktif di dalam kontes tersebut dalam artian pula tidak sekedar berpartisipasi?

Beberapa kemungkinan mungkin bisa ditelaah dan dikedepankan di sini :

  1. Contest Rule : juklak kontes yang menarik mungkin mampu mendorong kontester untuk berpartisipasi aktif; kontester yang mengedepankan denyut kontesting/amateur radio sport mungkin akan mengikuti kontes yang menganut juklak yang sederhana: misal pemakain band/frekuensi yang tanpa batas (no time limit), alokasi frekuensi yang luas (tidak sekedar 80m, mungkin pula 40m dan bahkan 2m), penggunaan mode yang luas (kombinasi antara phone dan cw) mungkin menjadi faktor pendorong untuk berpartisipasi aktif.
  2. Hadiah : mungkin ini pula yang menjadi faktor utama yang menambahkan daya dorong aktivasi seorang kontester. Kontes yang hanya menyediakan hadiah sertifikat saja akan sangat berbeda pada even kontes yang menyediakan trophy, uang dan bahkan gadget amatir!
  3. Kepanitiaan : kontes yang disusun dan dipersiapkan oleh beberapa kontester aktif akan sangat lain tanggapannya dibandingkan kontes yang disusun oleh rekan amatir yang notabene, de facto, sangat jarang muncul dan aktif dalam sebuah kontes nasional. Ada semacam, kalau boleh diistilahkan, perasaan imbal balik, vice versa, antara penyelenggara dan peserta.
  4. Ke-unikan; kontes yang unik, atau yang pertama kali diadakan akan banyak mengundang kepesertaan; minimal akan menambah perbendaharaan sertifikat yang berbeda. Unik dapat pula didapatkan dari kontes nasional yang secara berturut-turut dapat terselenggara secara rutin dan menjadi agenda tahunan.
  5. Pasca Kontes : administrasi kontes yang baik, transparan, dan tepat waktu merupakan kunci tambahan untuk kelanggengan sebuah kontes di masa mendatang. Perhitungan log yang baik dan transparan, penulisan sertifikat yang benar, dll akan mendorong partisipasi aktif kontester.

Any comments, atau mau menambahkan silakan !