Itung-itung untuk pemanasan CQ WPX SSB dua minggu lagi; Russian DX contest pantas dicoba. Everybody works everybody dengan tambahan point dan multiplier khusus untuk entity dari Russia (dengan pertukaran dua huruf dari Oblast/ semacam propinsi/state dari Rusia). Dengan dukungan N1MM yang sudah include dengan modul Russian DX contest penanganan log sangat membantu. Otomatis pada exchange ada ‘suggestion’ Oblast untuk entity Russia ditambah dengan font berwarna yang menunjukkan new multiplier di luar entity Russia.

Setelah beberapa lama mengikuti kontes nasional, rasanya kok kagok juga ya, (bukan berarti kontes nasional memberikan bad influence lho!), atau mungkin karena kontes internasional sebelumnya cuma pakai klik mouse dan keyboard🙂. Start pada 12.00Z Sabtu malam dan berakhir di 12.00Z minggu malam. Tak banyak QSO yang mampu dijalin, ya karena tetep diselingi dengan urusan keluarga dan terkadang mati listrik, hi hi…… Dengan N1MM Logger V7.12.12 akhirnya dapat di-log:        

  • Band    QSOs    Pts  Cty   Sec           
  • 7       2      8    2    0          
  • 14      54     319   25   11          
  • 21      19      90    4    0       
  • Total      75     417   31   11            
  • Score : 17,514

Lumayan dibandingkan dengan tahun-tahun yang lalu dan rasanya belum ada hasil yang sangat signifikan di Russian DX contes! Band condition cukup menguntungkan; cuma di 40m agak terganggu dengan ESSB alias Extended SSB dengan dung-dung-nya. Bayangkan pada dx-window para pecinta dung-dung pret pada ragchew, sehingga cukup kesulitan untuk mendapatkan dx station di band 40m, walaupun itu sekedar dari JA! UA0LUM cukup kuat di 40m, tapi ya itu tadi……:-) 80m praktis nggak mendukung; dx-window penuh dengan kaum big guns! EGP kalau ada dx-windows, EGP pula kalau ada Russian DX contest😦 Ada beberapa station QRP dan portable yang bisa diterima dengan cukup bagus, bener-bener 59: menunjukkan betapa efisien dan optimumnya sistem antenna mereka :

  • JA2DLM/QRP
  • JR6HMJ/1/QRP
  • JG1UKW/QRP

Kontak yang menarik adalah dengan E21EIC, Champ, kontester dari Thailand, yang dengan fasihnya mengucapkan Assalamua’laikum dan selamat pagi! Nice job Champ! Dari YB-land cukup terdengar banyak kontester, cuma ada satu YE1AA yang bisa kontak di 15m, thanks OM! Warming up sudah cukup dan next two weeks is the battle field: CQ WPX SSB! Get ready? Be there or be behind!